Sulap layout DIPOHub lantai 1, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Diponegoro menggelar “Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Pelayanan Pelanggan” bagi Tenaga Kependidikan Universitas Diponegoro pada tanggal 18 hingga 19 September 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yang sangat antusias mengikuti pelatihan dan berinteraksi dengan narasumber yang merupakan pakar service excellence, yaitu Dimas Andyan Indra, B.IT, S.Kom, M.M dan Wishnu Hadyan Hanungyudho, S.Kom, M.M
Pelatihan ini sangat penting, ujar Kepala BPSDM saat membuka pelatihan. Mengingat Undip telah beralih menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) selama beberapa tahun terakhir, yang dimana membawa dampak signifikan terhadap cara institusi beroperasi. Sehingga tuntutan pelayanan terhadap pelanggan Undip, yang mencakup mahasiswa dan masyarakat luas, semakin meningkat. Hal ini mencerminkan kebutuhan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan responsif terhadap harapan stakeholder, sehingga BPSDM tidak ragu untuk menyelenggarakan pelatihan ini.
Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat memberikan layanan dan bantuan informasi yang responsif, mengelola layanan pelanggan berkualitas, serta melakukan kerja sama yang efektif dengan kolega dan pelanggan. Mereka juga diajarkan untuk bekerja dalam lingkungan sosial yang beragam, berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar, dan menyajikan informasi dengan jelas dan menarik. Selain itu dengan diadakannya uji kompetensi diharapkan dapat meraih sertifikasi BNSP yang praktis dapat memberikan legitimasi pengakuan terhadap kompetensi tenaga kependidikan dan memastikan bahwa mereka tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di dunia pendidikan modern.
Usai mengikuti pelatihan ini, Fitriana Iftatika, S.T., M.Sc. salah satu peserta memberikan kesan dan pesan yang positif. “senang sekali, materinya bagus, narasumber interaktif. Semoga setelah pelatihan dapat langsung menerapkan tips trik pelayanan pelanggan di unit kerja dalam pekerjaan sehari-hari. Diharapkan terdapat pelatihan lanjutan setelah ini.” Senada dengan hal itu, peserta lain, Iranita Wijayanti, S.Pd. juga menyampaikan bahwa “pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi semua tenaga kependidikan, diharapkan dapat diberikan kepada rekan-rekan tendik yang belum mengikuti dalam rangka mendukung Undip sebagai kampus yang ramah dan melayani.”
BPSDM optimis dengan Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Pelayanan Pelanggan ini maka secara bertahap standar pelayanan pelanggan di Universitas Diponegoro dapat ditingkatkan melalui berbagai inisiatif yang fokus pada peningkatan kualitas layanan.